Informasi Berita Terkini

MTsN 1 Kota Malang Raih 21 Medali dari Amerika Serikat (USA)

(Kota Malang – Humas)– Siswa MTsN 1 Kota Malang sukses meraih 21 medali dari ajang Tournament of Champion (ToC) 2019, yang diadakan di Yale University, New Heaven, Connecticut, Amerika Serikat. Turnamen tingkat dunia ini diikuti oleh 333 tim dari 60 negara dan jumlah total peserta sekitar 999 orang.

Medali yang berhasil dibawa pulang anak-anak Matsanewa adalah 4 emas dan 17 perak. Sedang siswa peraih medali yaitu Kayana Ayunda Diyanti (gold senior debate, gold senior writing, gold junior writing, gold top school, silver junior debate, silver chalenge spesial area, silver junior champion scholar).

Aline Anismara (debate champion silver medal), Ahmad Naufal Maheswara Puspito (team bowl silver medal), Nasya Nisrina Zahira (silver medal debate champion), Maftuhatusyifa' (team bowl silver medal and challenge silver medal).

Abhista Dwi Putra Ramadany (team bowl 2 silver medal), Achmad Rahiil Fauzi (team bowl 2 silver medal and special area silver medal), dan Muhammad Rizky Damary (team bowl silver medal and writing silver medal).

Kepala MTsN 1 Kota Malang, Samsudin, saat ditemui pada Rabu (20/11), menyampaikan bahwa ToC adalah puncak dari kompetisi WSC (World Scholars Cup) dan ToC merupakan ajang para juara WSC.

“Alhamdulillah kita bersyukur, ini adalah tahun yang membanggakan bagi kita tentunya, bagi madrasah sekaligus bagi Kementerian Agama. Karena anak-anak kita membawa nama baik madrasah dan Kementerian Agama. Ini adalah event tertinggi dari WSC dan kita memperoleh hasil yang luar biasa dengan perolehan yang membanggakan,” jelas Samsudin.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Pak Sam ini menuturkan, agar prestasi yang diperoleh siswa di ajang ToC bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi siswa lain. Terutama untuk meraih prestasi terbaik bahkan sampai di tingkat internasional.

Sebelum tampil di ToC Amerika Serikat, para siswa Matsanewa harus melalui World Scholars Cup Surabaya Region. Kemudian mereka berhasil lolos ke WSC Global Round di Manila, Filipina. Dari Filipina inilah mereka memastikan diri lolos ke ToC di Yale University. (Zul)